Aa Gym Hingga Ngabalin Bicara Spanduk HUT RI yang Disebut Ada Tanda Salib - redaksionline.com

Aa Gym Hingga Ngabalin Bicara Spanduk HUT RI yang Disebut Ada Tanda Salib

redaksionline.com - 
Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, desain yang dipersoalkan ini tidak merupakan lambang salib. Ngabalin meminta masyarakat tak berspekulasi macam-macam soal logo kemerdekaan RI ini.


"Logo ini murni dan resmi asli, bukan salib. Ini adalah sebuah karya seni yang dibuat dan dilakukan oleh teman-teman, anak-anak Indonesia yang memiliki kemampuan karya seni yang luar biasa," kata Ngabalin dalam video yang dibagikannya kepada wartawan.


Ngabalin mengimbau semua pihak menghargai sesama bangsa. Ngabalin menyebut isu-isu berkaitan agama seperti ini bisa saja menurunkan imunitas bangsa di tengah ancaman pandemi Corona.

"Saya mau bilang juga, jangan-jangan nanti ada perempatan jalan, persimpangan di dekat rumahmu kau bilang lagi itu bentuk salib. Jangan kau jalanlah di atas salib itu karena dia berbentuk salib," kata Ngabalin.

Polemik desain logo HUT ke-75 RI juga dikomentari ulama kondang Abdullah Gymnastiar. Pria yang akrab disapa Aa Gym mengatakan, sangat bisa dimaklumi jika ada perbedaan pendapat.

Aa Gym mengutarakan pendapatnya dalam feed Instagramnya yang sudah terverifikasi. Begini kata Aa Gym:

SANGAT BISA DIMAKLUMI bila jadi PERBEDAAN PENDAPAT
Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 agustus 2020 ini
Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar..
Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan..dan protes.
Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17 an nya jadi berkurang.. Karena merasa kurang nyaman..

Aa Gym mengingatkan untuk tetap berbaik sangka. Sangat dianjurkan untuk bisa berpikir lebih dalam dan bijaksana.

"Walau kita berbaik sangka tak ada niat tak adil dibalik semua ini. Namun bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru Yang tak perlu," ujar Aa Gym.(redaksi)