Detik-detik Multazam Jatuh dari Puncak Gunung Piramid, Terpeleset Saat Berfoto. Begini Kondisi Terkini - redaksionline.com

Detik-detik Multazam Jatuh dari Puncak Gunung Piramid, Terpeleset Saat Berfoto. Begini Kondisi Terkini

redaksionline.com - 
Seorang pelajar SMAN 1 Tenggarang Bondowoso bernama Multazam terjatuh dari Gunung Piramid, Bondowoso.

Ia terpeleset ketika hendak turun dari Puncak Gunung Piramid usai berfoto bersama rekannya.

Hingga kini, keberadaan Multazam masih dicari.

Baca juga: Pulang Berfoto di Gunung Piramid, Seorang Pelajar SMAN Terjatuh ke Tebing

Bermula mengambil foto
Peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/8/2020) pagi.

Sekretaris BPBD Bondowoso Adi Sunaryadi mengemukakan, awalnya tiga orang anak naik ke Puncak Piramid. Salah satu di antaranya adalah korban.

Mereka mendaki puncak untuk mengambil foto. Seusai berfoto, ketiganya berniat turun.

Namun sekitar pukul 08.00 WIB, korban terpeleset dan jatuh ke tebing sebelah utara.

Adapun, rombongan itu awalnya mendaki berlima sejak Sabtu (8/8/2020) sore. Tetapi hanya tiga orang yang berfoto di puncak.

Sebelum berfoto di puncak, mereka mendirikan tenda di belakang Punggung Naga dan bermalam di sana.


Minta tolong warga
Jatuhnya satu orang pendaki membuat dua rekannya panik. Mereka pun meminta pertolongan.

"Kedua saksi minta pertolongan ke bawah atau ke warga," kata dia.

Tim TRC Bondowoso kemudian bergerak untuk menemukan keberadaan Multazam.

"Saat ini kami masih mencari lokasi korban jatuh," tutur dia.


Bsarnas Kirim Tim

Bagian Operasi Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jember mengirimkan satu tim untuk melakukan evakuasi pelajar yang jatuh di Gunung Piramid. Letak terjatuhnya korban tersebut sudah diketahui. "Setelah dapat info, kamu turunkan satu tim untuk melakukan evakuasi," kata Koordinator Pos SAR Basarnas Jember Prahista Dian pada Kompas com via telpon Minggu (9/8/2020). 

Menurut dia, tim tersebut berangkat dari Jember menuju lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Ada lima anggota beserta relawan yang juga turut membantu proses evakuasi jatuhnya korban. "Kami bawa alat evakuasi ketinggian vertikal," tutur dia.


Pihaknya belum bisa memberikan informasi terbaru, apakah korban sudah dalam kondisi meninggal dunia atau tidak. Sebab, lokasi Gunung Piramid susah sinyal internet. Prahista tidak bisa memastikan berapa lama proses evakuasi tersebut. 

Namun bila alat sudah memadai, seharusnya bisa segera dievakuasi. "Tadi titik sudah diketahui, tetapi kendalanya alat evakuasi belum ada, informasi teman- teman dari atas begitu, butuh tali agak panjang, " tutur dia. Sebelumnya diberitakan, Multazam (18), pelajar SMAN 1 Tenggarang dikabarkan terjatuh di gunung Piramid Minggu (9/8/2020). 

Korban terjatuh setelah hendak turun dari puncak Piramid. Sekretaris BPBD Bondowoso Adi Sunaryadi mengatakan ada lima pendaki yang naik ke Gunung Piramid. Mereka melakukan pendakian pada Sabtu (8/8/2020). 

"Pukul 16.00 WIB mereka mendaki Gunung Piramid dan bermalam mendirikan camp," tutur dia.

Setelah itu, pada Minggu (9/8/2020) pukul 06.00 WIB, ada tiga anak yang naik ke puncak Piramid untuk mengambil foto. Setelah berfoto,  mereka turun. Sekitar pukul 08.00 WIB, satu korban terpeleset jatuh ke tebing sebelah utara.(redaksi)