Viral! Mahasiswa Ini Bayar UKT Kuliah Pakai Uang Receh Jadi Sorotan Publik - redaksionline.com

Viral! Mahasiswa Ini Bayar UKT Kuliah Pakai Uang Receh Jadi Sorotan Publik


redaksionline.com - 
Di tengah pandemi virus corona, orang tua dan murid makin sulit. Pasalnya biaya pendidikan sekolah hingga uang kuliah tunggal (UKT) perguruan tinggi yang masih ‘mencekik’, membuat sejumlah pihak mengeluh. Dengan kondisi ekonomi yang terjepit serta beban semakin berat, sekolah dan universitas tetap menerapkan pembayaran normal.

Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan kisah seorang mahasiswa yang membayar UKT dengan menggunakan uang receh.

@hewanberbicara membagikan ceritanya di Twitter dan memperoleh 754 retweets serta 2.300 likes.

“Jadi gue mau bayar UKT karena emang udah waktunya bayar, berhubung masa pandemi dan lagi krisis akhirnya gue dan ibu serta bapak buka celengan receh. Mulailah gue bongkar dan hitung satu persatu,” ujar akun tersebut mengawali utasnya.

@hewanberbicara mengatakan bahwa uang receh tersebut ia dan keluarganya sering kumpulkan ke dalam botol air mineral.

Beberapa receh itu didapatkan dari hasil orang tuanya berjualan gorengan dan usaha tambal ban di rumah.

Dalam cuitannya, @hewanberbicara mengatakan total UKT yang harus ia bayarkan ke kampus sebesar Rp 3,5 juta Ia pun membongkar celengan receh seberat 17,5 kg itu dan mulai mengelompokkan uang tersebut untuk dihitung jumlahnya.

“Btw UKT gue, UKT 4 dan nominal yang harus dibayarkan Rp 3,5 jt kembalian Rp 20 ribu dan alhamdulillahnya uangnya sampe segitu. Yang gue pisahin per Rp 100 ribu setiap bungkus plastiknya. Jadi total beratnya 17,5 kg,” ujarnya.

@hewanberbicara pun berangkat bersama temannya untuk membayar UKT kampus dengan uang receh tersebut ke bank. Namun perjalanan tak berjalan lancar, bank berdalih sistem rusak hingga salah satu dari bank bahkan menolak menerima uang receh itu.

Mereka pun akhirnya memutuskan untuk mencari supermarket terdekat, dengan harapan dapat menukarkan uang receh tersebut.

Setelah beberapa jam berkeliling, keduanya pun berhasil menukarkan uang receh itu di salah satu supermarket.

Ketika hendak kembali ke bank untuk membayar uang kuliah, @hewanberbicara menjelaskan beberapa bank telah tutup. Ia pun harus menunda pembayaran UKT.

“Karena tadi tukerin recehnya selesai sebelum jam 3, akhirnya otw ke bank lagi dengan harapan masih buka banknya. Tapi pas udah sampe bank pada tutup, terpaksa deh besok lagi,” tuturnya.

Dalam akhir cuitannya, @hewanberbicara mengungkapkan bahwa uang receh tersebut sangat berguna untuknya. Khususnya di tengah pandemi saat ini yang berdampak pada ekonomi.


Tak butuh waktu lama, kisah ini pun viral dan mendapat sorotan publik. Warganet memberi apresiasi serta pujian kepada @hewanberbicara. Mereka ramai menyampaikan dukungan dan semangat untuk akun tersebut.(todaylinecom)