Wujud Profesionalisme dan Kemampuan Prajurit, Kodim 0104/Atim Gelar Latbakjatri - redaksionline.com

Wujud Profesionalisme dan Kemampuan Prajurit, Kodim 0104/Atim Gelar Latbakjatri

Aceh Tamiang - Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit, Kodim 0104/Aceh Timur menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbak Jatri) Triwulan IV TA.2020 di lapangan tembak Lapangan tembak Yonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Desa Sapta Marga, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (18-11-2020). 

Kegiatan menembak senjata ringan ini dilaksanakan selama 3 hari kedepan, yakni tanggal 18 s.d 20 November 2020, dan sebelum melaksanakan kegiatan sebagai tahap persiapan personel,  para anggota  melakukan apel pagi untuk pengecekan serta pembagian gelombang untuk menembak.

Latihan Menembak senjata ringan dilaksanakan dengan menggunakan senapan laras panjang jenis M16 A-1, dengan menggunakan sikap tiarap, dengan jarak 100 meter 3 butir munisi menembak percobaan dan 10 butir munisi tembak penilaian.

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) melalui Koordinator Materi Menembak Senapan Lettu Inf Jaya Sakti mengatakan kepada personel yang akan menembak untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku dalam latihan menembak senjata ringan hari ini.

Dan juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan prajurit yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Polkes Langsa, yang bertujuan agar mereka dalam kondisi sehat dan stabil didalam pelaksanaan menembak pistol guna memperoleh hasil yang maksimal, "jelasnya.

Tak lupa Lettu Inf Jaya Sakti juga menyampaikan tentang tata tertib dan aturan yang berlaku selama melaksanakan kegiatan Latihan Menembak ini. Dalam latihan menembak faktor keamanan harus diutamakan dan diperhatikan mengingat pelaksanaannya menggunakan munisi tajam, apabila melakukan kesalahan sedikitpun akan berakibat fatal baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Menembak, lanjut Koordinator Materi, merupakan suatu bentuk kemampuan dasar yang harus dan mutlak dimiliki oleh seorang prajurit TNI AD, sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Hal ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan menembak perorangan.

Penilaian dan penambalan lisan yang dilakukan oleh Tim penilai dan pengawas lajur pada Latbak Jatri Triwulan IV TA.2020 setelah selesai latihan menembak pembersihan dan pemeliharaan senjata harus selalu dilakukan oleh personel setelah pelaksanaan kegiatan,  agar komponen senjata tidak aus dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, "pungkasnya.